Penulis / NIM
LISA APRIANI DATUELA / 151418016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstrak
Lisa Apriani Datuela. Meningkatkan Kemampuan Berbicara siswa Melalui Model pembelajaran Coopertive Script Pada siswa Kelas IV SDN 1 Telaga, Kabupaten Gorontalo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs.Dajani Suleman, M.Hum Dan Pembimbing II Dr.Rustam I Husain, S.Ag.,M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN 1 Telaga, Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui model pembelajaran Cooperative Script pada siswa kelas IV SDN 1 Telaga, Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Pada observasi awal yang mampu berbicara berjumlah 6 siswa 37,5%. Setelah dilakukan tindakan siklus I dari 16 siswa meningkat menjadi 7 siswa atau 43,75% yang tidak mampu ada atau 56,25%. Dan pelaksanaan siklus II ada 13 atau 81% sedangkan yang tidak mampu ada 3 siswa atau 19%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN 1 Telaga, Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Berbicara, Model Pembelajaran Cooperative Script
Download berkas