Penulis / NIM
WIDDY MURNI YANTARI / 151418017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. CANDRA C, S.Pd., M.Pd / 0902108601
Abstrak
Widdy Murni Yantari, 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Abad 21 Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis HOTS dan TPACK Di Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. Wiwy T. Pulukadang, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Candra Cuga, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain perangkat pembelajaran (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bahan Ajar dan Evaluasi Pembelajaran) abad 21 melalui pendekatan saintifik berbasis HOTS dan TPACK di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian pengembangan Saputro yang mengadop modifikasi dari Borg and Gall dan Sugiono yakni studi pendahuluan, pengembangan/perancangan model, dan pengujian. Adapun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap perancangan Model.
Hasil penelitian desain perangkat berdasarkan validasi para ahli dan pengguna menunujukkan bahwa perangkat pembelajaran memiliki kriteria yang sangat layak dengan perolehan skor RPP 96%, bahan ajar 95%, dan evaluasi 95%. Dengan demikian, perangkat pembelajaran termasuk dalam kriteria sangat layak, dapat digunakan dalam pembelajaran serta dipercaya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran karena mampu meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermanfaat.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran Abad 21, Saintifik, HOTS, TPACK
Download berkas