Penulis / NIM
DHEA FITRI SULEMAN / 151418020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
Dhea Fitri Suleman, 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Muatan IPS Di Kelas IV SDN No. 17 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr Rustam I Husain, S.Ag, M.Pd dan pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A
Rumusan masalah dalam penelitian ini "Peningkatan Nilai Hasil Belajar Siswa Setelah Menerapkan Model Project Based Learning Muatan IPS Di Kelas IV SDN No.17 Dungingi Kota Gorontalo. Tujuan penelitian, Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Project Based Learning Muatan IPS Di Kelas IV SDN No.17 Dungingi Kota Gorontalo. Pendekatan penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes uraian (essay) sedangkan observasi, wawancara dan dokumentasi adalah penunjuang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN No.17 Dungingi Kota Gorontalo yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 18 orang atau 56,2%. Hasil ini belum mencapai indikator kinerja yakni 80%, sehingga dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Siklus II peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 28 orang dengan prosentase 87,5% dan telah mencapai kriteria indikator kinerja yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa muatan IPS di kelas IV SDN No.17 Dungingi Kota Gorontalo.
Kata kunci : Model Project Based Learning, Hasil Belajar, IPS
Download berkas