Penulis / NIM
NI KADEK AYU MARINI / 151418021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Ni Kadek Ayu Marini. 2022. Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui E-Modul Metode Total Physical Response Pada Siswa Kelas 1 di SDN 17 Dungingi Kota Gorontalo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr Rustam I. Husain, S.Ag , M.Pd dan Pembimbing II Dra Dajani Suleman, M.Hum.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan E-Modul Metode Total Physical Response, kemampuan menulis siswa kelas 1 SDN 17 Dungingi Kota Gorontalo akan meningkat?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas 1 SDN 17 Dungingi Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Hasil penelitian dari 14 siswa menunjukkan bahwa pada siklus 1 kemampuan menulis siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 7 siswa dengan persentase 50%. Hasil ini belum mencapai kriteria indikator kinerja yang ditetapkan yakni 80%, sehingga dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Siklus 2 siswa yang memiliki kemampuan menulis mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 12 siswa dengan persentase 86% dan telah mencapai kriteria indicator kinerja yang telah ditentukan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, pada pertemuan disetiap siklus, disimpulkan bahwa dengan melalui E-Modul Metode Total Physical Response dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas 1 SDN 17 Dungingi Kota Gorontalo
.
Kata Kunci : Menulis, E-modul , Metode Total Physical Response
Download berkas