Penulis / NIM
SEPNIATI TINE / 151418023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
Tine Sepniati, 2022. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan Ips Kelas IV SDN No. 17 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr Rustam I. Husain, S.Ag, M.Pd dan Pembimbing 2 Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pembelajaran IPS Dapat Ditingkatkan Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan Ips Kelas IV SDN No. 17 Dungingi Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas.
Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu test observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN No.17 Dungingi Kota Gorontalo yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 16 siswa dengan presentase 50%. Hasil ini belum mencapai kriteria indikator kinerja yakni 80%, sehingga dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Siklus II peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 30 siswa dengan presentase 93,75% dan telah mencapai kriteria indikator kinerja yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas IV SDN No.17 Dungingi Kota Gorontalo.
Kata Kunci: pembelajaran kooperatif model jigsaw, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS
Download berkas