Penulis / NIM
SRI MEWINTA SIKI / 151418025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah melalui Model Make-A Match Kemampuan Membaca Nyaring Siswa di Kelas V SDN NO.17 Dungingi Kota Gorontalo Akan Meningkat. Tujuan penelitian ini meningkatkan kemampuan siswa membaca nyaring melalui model Make-A Match di kelas V SDN NO.17 Dungingi Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN NO.17 Dungingi Kota Gorontalo yang berjumlah 23 siswa.
Berdasarkan hasil observasi awal menunjukan bahwa 65% atau 15 siswa memiliki kemampuan membaca nyaring rendah dan 35% atau 8 siswa memiliki kemampuan membaca nyaring yang baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I kemampuan membaca nyaring yang mencapai kriteria ketuntasan mininal sebanyak 15 siswa dengan persentase 65%. Siklus II siswa yang memiliki kemampuan membaca nyaring yang mencapai kriteria ketuntasan mininal sebanyak 22 siswa dengan persentase 96% dan telah mencapai kriteria indikator kinerja yang ditentukan. Disimpulkan bahwa dengan melalui model Make-A Match telah meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas V SDN NO.17 Dungingi Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Membaca Nyaring, Model Make-A Match
Download berkas