Penulis / NIM
NUR'AIN ABDULLAH / 151418027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
Nurain Abdullah. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Ips Di Kelas IV SDN 06 Duhiadaa Kabupaten Pohuwato. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Pembimbing 1 Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing 2 Samsi Pomalingo, S.Ag., M.A.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan Model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di sekekolah SDN 06 Duhiadaaa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model Discovery Learning pada siswa kelas IV SDN 06 Duhiadaa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumetasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 06 Duhiadaa yang berjumlahkan 20 orang siswa siswa.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 pertemuan pertama hasil belajar siswa siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal yakni dengan persentase 40% atau sebanyak 8 orang siswa dan pada pertemuan kedua sebanyak 12 orang siswa dengan persentase 60%. Hasil tersebut belum mencapat kriteria kinerja yang ditentukan yakni 85%, sehingga dilanjutkan pada siklus berikutnya. Pada siklus 2 pertemuan pertama hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum yakni dengan persentase 65% atau sebanyak 13 orang siswa dan pada pertemuan kedua sebanyak 18 orang siswa dengan persentase 90%. Hasil tersebut telah mencapai kriteria indicator kinerja yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 06 Duhiadaa.
Download berkas