Penulis / NIM
FERAWATI HARUNJA / 151418028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
Abstrak
Ferawati Harunja. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams games tournament) Pada Siswa Kelas V SDN No. 80 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universiras Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, S.Pd., M.Si. Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ..."apakah model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar ips pada siswa kelas V SDN No. 80 Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada siswa kelas V SDN No. 80 Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN No. 80 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Hasil observasi awal menunjukan dari 28 orang siswa secara keseluruhan terdapat 12 orang tuntas dengan prosentase 43% dan yang tidak tuntas brjumlah 16 orang dengan prosentase 57%. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan pertama dengan jumlah siswa 18 orang yang tuntas sebanyak 13 orang dengan prosentase 72% dan 5 orang yang tidak tuntas dengan prosentase 28%. Kemudian pada siklus I pertemuan kedua dari 21 orang yang hadir, sebanyak 18 orang yang tuntas dengan prosentase 86% dan terdapat 3 orang yang tidak tuntas dengan prosentase 14%. sedangkan siklus II dari 19 orang siswa terdapat 18 orang yang tuntas dengan prosentase 95% dan 1 orang yang tidak tuntas dengan prosentase 5%.
Melihat hasil ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat membantu meningkatkan hasil belajar IPS siswa dan telah melebihi indikator kinerja 80% yang telah peneliti tetapkan sebelumnya.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Teams Games Tournament, IPS
Download berkas