Penulis / NIM
SAFRIN A. NUUNA / 151418029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Safrin A. Nuuna, 2022. Implementasi Dan Internalisasi Etika Lingkungan Hidup
Di Sekolah Dasar Negeri No. 80 Kota Tengah, Kota Gorontalo. Skripsi. Program
Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Basri Amin, S.Sos., MA. PhD (ABD) dan
Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag,. M.A.
Penelitian ini bertujuan memahami atau mempelajari kegiatan warga sekolah dan
kultur sekolah berbasis lingkungan meliputi kebijakan sekolah, pembelajaran, dan
karakter siswa di SDN No.80 Kota Tengah. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara observasi di
sekolah. Pendalaman data menggunakan teknik wawancara kepada kepala sekolah
dan guru kelas IV. Sejumlah data visual dikumpulkan guna mendukung data
penelitian.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa, sekolah dasar dapat mengatasi permasalahan
lingkungan yang terjadi di sekolah melalui implementasi kebijakan, kurikulum
pembelajaran,dan pengembangan karakter siswa sesuai dengan kriteria penilaian.
Dengan demikian, sekolah dasar dapat membentuk pola pembiasaan sikap peduli
lingkungan dan melalui interalisasi pengetahuan dan kesadaran etika lingkungan
sampai pada level individu siswa.
Dalam jangka panjang, pendidikan melalui sekolah dasar mengambil peranan
menciptakan kondisi lingkungan yang kondusif dan berkelanjutan, melalui
berbagai pendekatan dan pijakan implementasi kebijakan, kurikulum pembelajaran,
pengembangan karakter, dan pengalaman keseharian siswa.
Kata Kunci: Etika Lingkungan, Sekolah Dasar, Kebijakan, Pembelajaran,
Karakter.
Download berkas