SKRIPSI

Penulis / NIM
SARINI R. PITUA / 151418031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
Sarini R. Pitua. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan PAKEM Berbantuan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Pada Pembelajaran IPS di Kelas V SDN No. 80 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, S.Pd., M.Si., dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah dengan menggunakan pendekatan PAKEM berbantuan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz pada pembelajaran IPS di kelas V SDN No. 80 Kota Tengah Kota Gorontalo hasil belajar siswa akan meningkat?. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V di SDN No. 80 Kota Tengah Kota Gorontalo. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan pertama dari 21 orang siswa yang hadir, terdapat dua siswa yang tuntas dengan persentase 10% dan siswa yang tidak tuntas 19 orang dengan persentase 90%. Selanjutnya pada siklus I pertemuan kedua terjadi peningkatan hasil belajar, yakni dari 16 orang siswa yang hadir, terdapat 13 siswa yang tuntas, dengan persentase 81%, dan siswa yang tidak tuntas 3 orang dengan persentase 19%. Walaupun pada siklus I pertemuan kedua indikator kinerja dan capaian telah terpenuhi, tetapi peneliti tetap melanjutkan penelitian ke siklus II untuk mengkonfirmasi kembali atau membuktikan apakah pendekatan dan media yang digunakan memang benar-benar berhasil. Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukan bahwa dari 22 orang siswa yang hadir, terdapat 20 orang yang tuntas dengan persentase 91% dan 2 orang yang tidak tuntas dengan persentase 9%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan PAKEM berbantuan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Karena dengan penggunaan pendekatan PAKEM dalam proses pembelajaran dapat membuat siswa menggali dan mengembangkan potensinya dengan cara mengutamakan keaktifan, mendorong kreatifitas, efektif dalam pencapaian target dan kualitas, serta menyenangkan pada saat proses pembelajaran sehingga membuat hasil belajar siswa meningkat. Ditambah lagi dengan penggunaan game quizizz yang merupakan salah satu media pembelajaran interaktif abad 21 berbasis teknologi yang memiliki keunggulan dalam tampilan dan kemudahan. Game ini dipilih karena quizizz dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat belajar lebih giat dan mampu mendorong siswa agar lebih aktif sehingga bisa meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci: PAKEM, Game Quizizz, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011