Penulis / NIM
NIRMALA TUADINGO / 151418032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Nirmala Tuadingo, 2022. Meningkatkan Pemahaman Konsep Rumus Luas Jajargenjang Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 94 Kota Utara Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd, Dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian adalah Apakah melalui model pembelajaran Discovery Learning pamahaman siswa kelas IV SDN 94 Kota Utara terhadap konsep rumus luas jajar genjang akan meningkat? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep rumus luas jajar genjang melalui model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas IV SDN 94 Kota Utara. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 22 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 22 siswa kelas IV SDN 94 Kota Utara yang dikenai tindakan terdapat 11 siswa atau 50% yang paham konsep rumus jajar genjang atau memperoleh nilai 75 keatas. Sehingga indicator penelitian yakni minimal 75%, siswa memperoleh nilai 75 keatas belum tercapai dan tindakan penelitian di lanjutkan ke siklus II. Pada siklus II, terdapat 20 siswa atau 90% siswa yang paham konsep rumus jajar genjang atau memperoleh nilai 75 keatas. Dengan demikian, disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Discovery Learning pemahaman konsep rumus luas jajargenjang pada siswa kelas IV SDN 94 Kota Utara Kota Gorontalo meningkat.
Kata kunci : Jajargenjang, Discovery Learning, Pemahaman Konsep
Download berkas