Penulis / NIM
NURAIN KADIR / 151418034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Nurain Kadir, 2018. Meningkatkan Pemahaman Konsep Penyajian Data Melalui Media Animasi Pada Siswa Kelas V SDN 94 Kota Utara Kota Gorontalo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M,Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan melalui media animasi dapat meningkatkan pemahaman konsep penyajian data pada siswa kelas V SDN 94 Kota Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep penyajian data melalui media animasi pada siswa kelas V SDN 94 Kota Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dan siklus II, dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 17 siswa yang dikenai tindakan terdapat 7 siswa (41%) yang memperoleh nilai 75 ke atas dengan demikian belum mencapai indikator yang telah ditetapkan yakni minimal 75% siswa memperoleh nilai 75 ke atas sehingga di lanjutkan ke siklus II. Pada siklus II yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 15 atau 88% dan 2 orang siswa atau 12% memperoleh 75 ke bawah, hasil tersebut mencapai indikator yang ditentukan sehingga penelitian ini dinyatakan tercapai. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui media animasi pemahaman konsep penyajian data pada siswa kelas V SDN 94 Kota Utara meningkat.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Penyajian Data, Media Animasi
Download berkas