Penulis / NIM
YURLINA HARUN / 151418038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Yurlina Harun. 2022. Meningkatkan Kemampuan Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Model Quantum Teaching Pada Siswa Kelas IV SDN 94 Kota Utara Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching kemampuan menentukan FPB dan KPK pada siswa kelas IV SDN 94 Kota Utara Kota Gorontalo dapat meningkat?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam menentukan FPB dan KPK dengan menggunakan model quantum teaching pada siswa kelas IV SDN 94 Kota Utara Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan siklus I diperoleh data dari 22 siswa dikenai tindakan hanya 14 siswa atau 64% yang memperoleh nilai 75 ke atas dan 8 siswa atau 36% yang memperoleh nilai 75 ke bawah. Hal tersebut belum mencapai indikator yang telah ditentukan yakni minimal 75% siswa yang dikenai tindakan dalam meningkatkan kemampuan menentukan FPB dan KPK sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II diperoleh data, siswa yang mampu dengan perolehan nilai 75 ke atas berjumlah 19 siswa atau 86% dan 3 siswa atau 14% memperoleh nilai dibawah 75. Hal tersebut telah mencapai indikator yang ditentukan sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil dan tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menggunakan model quantum teaching kemampuan menentukan FPB dan KPK pada siswa kelas IV SDN 94 Kota Utara Kota Gorontalo meningkat.
Kata Kunci : Kemampuan, FPB, KPK, Quantum Teaching
Download berkas