Penulis / NIM
MAGFIRAH HALID / 151418040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Magfirah halid. 2022. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SDN 12 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas V SDN 12 Kota Barat ?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara Melalui model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas V SDN 12 Kota Barat. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif.
Dari observasi awal menunjukkan bahwa dari 18 orang siswa hanya 5 orang atau sebesar 28% yang memiliki kemampuan berbicara. Pada siklus I hal tersebut mengalami peningkatan menjadi 10 orang atau sebesar 56%. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 15 orang atau 83%.terkait hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based learning dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas V SDN 12 Kota Barat Kota Gorontalo.
Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Model Problem Based Learning.
Download berkas