Penulis / NIM
REGINA MAHARANI BUDIMAN / 151418041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
Regina Maharani Budiman, 2022. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Pendekatan Whole Language Pada Siswa Kelas IV SDN 12 Kota Barat. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd,M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj Evi Hasim, M.Pd
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui Pendekatan Whole Language Kemampuan membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 12 Kota Barat Meningkat? Penelitian bertujuan Untuk Meningkatkan kemampuan membaca Pemahaman melalui Pendekatan Whole Language pada siswa Kelas IV SDN 12 Kota Barat.. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek Penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 12 Kota Barat yang berjumlah 20 orang. Teknik Pengumpulan data Menggunakan Observasi, Tes dan dokumentasi. Teknik analisis data Dilakukan secara Deskriptif
Pengamatan Observasi Awal diperoleh data bahwa dari Jumlah 20 orang Siswa yang mampu hanya 6 orang (30%) Yang mampu membaca pemahaman dan yang belum mampu membaca Pemahaman Masih ada 14 orang (70%) , Hasil Penelitian Pada Pelaksanaan Siklus I dari 20 Siswa ada 12 Siswa yang bisa atau (60%). Sedangkan Pelaksanaan siklus II ada 17 orang yang mampu atau (85%) dan yang tidak mampu ada 3 orang siswa atau (15%). Berdasarkan Hasil Penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa Melalui Pendekatan Whole Language kemampuan membaca pemahaman pada Siswa Kelas IV SDN 12 Kota Barat meningkat.
Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Whole language
Download berkas