Penulis / NIM
AMELIA DUMA / 151418046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
Amelia Duma. 2022. Pengaruh media gambar seri terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 12 Kota Barat Kota Gorontalo, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd. Pembimbing II Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian Apakah terdapat pengaruh media gambar seri terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 12 Kota Barat Kota Gorontalo?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media gambar seri terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN 12 Kota Barat Kota Gorontalo. Metode yang digunakan Penelitian, Experimen. Teknik pengumpulan data melalui tekhnik rublik penilaian dan dokumentasi. Sampel penelitian siswa kelas II yang berjumlah 11 orang.
Hasil Menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan membaca permulaan berpengaruh secara signifikan. Nilai rata-rata pretest 67,90 dan posttest 85, dengan uji-t pada taraf a = 0,05 (0,05/2) didapat t hitung 17,1, sedangkan t tabel 2,201 dengan demikian terdapat pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan membaca permulaan. Perbandingan t hitung berpengaruh 78% sedangkan t tabel berpengaruh 92,80. Hal ini dapat di simpulkan bahwa pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan membaca permulaan adalah 14,80%.
Kata kunci: Media Gambar Seri, Membaca Permulaan
Download berkas