Penulis / NIM
SITI FAZLIANI / 151418048
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Abstrak
Siti Fazliani 2022. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas I SDN 9 Bokat. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd Dan Pembimbing II Dr. Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Melalui Media Audio Visual, Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN 9 Bokat Meningkat? Penelitian bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Audio Visual Pada siswa kelas I SDN 9 Bokat. Jenis Penelitian yang ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 9 Bokat yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi dan Dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara Deskripsi.
Pada observasi awal menunjukkan bahwa dari 16 sorang siswa hanya (37,5%) atau 6 orang yang kemampuan membaca permulaan tergolong mampu dan (62,5%) atau 10 orang yang kemampuan membaca permulaan tergolong delum mampu. Berdasarkan hasil penelitian Pada siklus I menunjukkan peningkatan menjadi (50%) atau 8 orang dan Pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu menjadi (87%) atau 14 orang. Dari hasil penelitian yang signifikan dan pembahasan yang telah dilakukan maka peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan media Audio Visual, kemampuan membaca permulaan siswa di kelas I SDN 9 Bokat "Meningkat.
Kata Kunci : Membaca Permulaan, Media Audio Visual.
Download berkas