Penulis / NIM
NADIA RAZAK / 151418050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Razak, Nadia. 2022. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Model Cooperative Learning Type Time Token Di Kelas IV SDN 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model Cooperative Learning Type Time Token Kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan? Penelitian ini bertujuan dengan adanya model Time Token dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas IV SDN 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, tes dan dokumentasi.
Pengamatan observasi awal diperoleh data bahwa dari jumlah 20 orang siswa, hanya 5 orang (25%) yang mampu berbicara yang baik dan benar dan yang belum mampu berbicara dengan baik dan benar masih ada 15 orang (75%). Hasil penelitian pada pelaksanaan siklus I dari 20 siswa ada 10 siswa yang mampu atau 50% dan yang tidak mampu ada 10 orang siswa atau 50%. Sedangkan pelaksanaan siklus II ada 17 orang yang mampu atau 85% dan yang tidak mampu ada 3 orang siswa atau 15%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Time Token kemampuan berbicara pada siswa kelas IV SDN 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Time Token, Berbicara Siswa
Download berkas