Penulis / NIM
SAMSUDIN YURI / 151418051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Abstrak
Samsudin Yuri. 2022. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas IV SD Laboratorium UNG. Dra. Evi Hasim, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Rusmin Husain, S.Pd.M.Pd selaku Pembimbing II.
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui metode bermain peran kemampuan berbicara siswa kelas IV SD Laboratorium UNG dapat meningkat?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode bermain peran pada siswa kelas IV SD Laboratorium UNG. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berbicara melalui metode bermain peran pada siswa kelas IV SD Laboratorium UNG Kota Gorontalo, pada pelaksanaan tindakan kelas siklus I kemampaun siswa berbicara pada pertemuan I mencapai 10 siswa atau 43%. pertemuan II meningkat menjadi 14 siswa yang mampu atau 61%. Berdasarkan hasil capaian tersebut indikator kinerja belum tercapai, sehingga perlu dilanjutkan pada siklus II. Pada pelaksanaan tindakan siklus II pertemuan I mencapai 17 siswa atau 74%, pada pertemuan ke II terjadi peningkatan kemampuan berbicara pada siswa menjadi 21 siswa atau 91%. Dengan demikian, dapat di simpulkan bahwa melalui metode bermain peran kemampuan berbicara pada siswa kelas IV SD Laboratorium UNG meningkat.
Kata Kunci: Berbicara, bermain peran.
Download berkas