Penulis / NIM
NOVRIYANTI YANTU / 151418052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Novriyanti Yantu 2022. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Talking Stick Di Kelas V SD SDN 2 KABILIA. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd dan pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah kemampuan berbicara menggunakan metode pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas V SDN 2 KABILA dapat meningkat?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa menggunakan metode pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas V SDN 2 KABILA. Jenis peneltian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan dokumentasi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah jika digunakan metode pembelajaran Talking Stick maka kemampuan berbicara siswa kelas V SDN 2 KABILA akan meningkat.
Dari hasil observasi penelitian menunjukan bahwa dari 16 orang siswa terdapat 7 atau 43,75% yang memiliki kemampuan berbicara, setelah digunakan metode pembelajaran Talking Stick pada tindakan siklus I hanya 10 orang siswa 63%)yang memiliki kemampuan berbicara, dan pada tindakan siklus II mengalami peningkatan menjadi 14 orang siswa 88% yang memiliki kemampuan berbicara. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Talking Stick kemampuan berbicara siswa di kelas V SDN 2 KABILA meningkat.
Kata kunci : Kemapuan Berbicara, Metode Talking Stick
Download berkas