Penulis / NIM
IRAWATY DARISE / 151418053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Irawaty Darise. 2022. Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Dengan Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Siswa Kelas V SD Laboratorium UNG Kota Gorontalo. Dra. Evi Hasim, M.Pd selaku pembimbing I dan Dra. Dajani Suleman, M.Hum selaku Pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Dengan Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Siswa Kelas V SD Laboratorium UNG Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, tes kemampuan menyimak, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa observasi awal kemampuan menyimak cerita melalui model pembelajaran pair check siswa kelas V SD Laboartorium UNG Kota Gorontalo mencapai 5 siswa atau (22%). Pada pelaksanaan tindakan kelas siklus I kemampaun siswa menyimak cerita mencapai 13 orang siswa yang mampu atau (57%). Pada pelaksanaan tindakan siklus II meningkat menjadi 20 siswa (87%). Dari temuan penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka kesimpulan penelitian jika guru menerapkan model pembelajaran Pair Check (pasangan mengecek) maka kemampuan menyimak cerita siswa kelas V SD Laboratorium UNG akan meningkat/di terima.
Kata Kunci: Cerita, Model Pair Check (pasangan mengecek)
Download berkas