Penulis / NIM
DELVIANA PIDO / 151418057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
Delviana Pido. 2022. Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Melalui Model Pembelajaran Cooperatif Script di Kelas III SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd. M.Pd selaku pembimbing I dan Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd. M.Si selaku Pembimbing II.
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Cooperatif Script dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa di kelas III SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango?. untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca nyaring melalui model pembelajaran Cooperatif Script di kelas III SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya observasi, tes, dokumentasi.
Observasi awal kemampuan membaca nyaring melalui model pembelajaran cooperatif script di Kelas III SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango yang mampu membaca nyaring mencapai 5 siswa atau (25%), sedangkan yang belum mampu 15 siswa atau (75%). Pada pelaksanaan tindakan kelas siklus I pertemuan I kemampaun siswa membaca nyaring meningkat menjadi 8 atau (40%), pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 11 orang siswa atau (55%). Sementara pada pelaksanaan tindakan siklus II pertemuan I mengalami peningkatan menjadi 14 siswa atau (70%), selanjutnya pada siklus II pertemuan II terjadi peningkatan kemampuan membaca nyaring menjadi 17 siswa (85%). Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca nyaring pada siswa kelas III SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango meningkat.
Kata Kunci: Membaca Nyaring, cooperatif script
Download berkas