Penulis / NIM
ANRI NURAHMAN / 151418059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
Anri Nurahman, 2022. Pengembangan Media Pembelajaran KIDAL Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 3 Kota Barat dan SD Integral Hidayatullah Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan dan kelayakan media KIDAL (Komik Digital Audiovisual) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 3 Kota Barat dan SD Integral Hidayatullah Kota Barat Kota Gorontalo?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran KIDAL dan untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Research and Development). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan instrument penelitian.
Hasil Penelitian pengembangan media pembelajaran KIDAL berdasarkan validasi ahli media memperoleh persentase kelayakan sebesar 93,5% dengan interprestasi sangat layak, validasi ahli materi memperoleh persentase kelayakan sebesar 86% dengan interpresatasi sangat layak dan validasi praktisi pembelajaran/Guru memperoleh persentase kelayakan sebesar 97% dengan interprestasi sangat layak. jika diakumulasi hasil validasi ahli media, ahli materi, dan praktisi pembelajaran maka media yang dikembangkan memperoleh persentase kelayakan rata-rata 92,2% dengan interprestasi sangat layak. Dari hasil tersebut maka dapat dikatakan pengembangan media pembelajaran KIDAL sangat layak untuk digunakan pada proses pembelajaran dan dipercaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Media, Kidal, Audiovisual, Bahasa Indonesia
Download berkas