Penulis / NIM
LIVIA ABDULLAH / 151418060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
Livia Abdullah.2022. Pengembangan Media Puzzle Pada Pemahaman Konsep Pecahan Sederhana Di Kelas IV SDN Sekecamatan Tapa. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asni Ilham, M.Si dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini meliputi (1) bagaimana pengembangan media puzzle pada pemahaman konsep pecahan sederhana di kelas IV SDN Sekecamatan Tapa (2) apakah media puzzle pada pemahaman konsep pecahan sederhana di kelas IV SDN Sekecamatan Tapa layak digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media puzzle pada pemahaman konsep pecahan sederhana di kelas IV SDN Sekecamatan Tapa (2) untuk mengetahui kelayakan media puzzle pada pemahaman konsep pecahan sederhana di kelas IV SDN Sekecamatan Tapa. Penelitian ini tergolong dalam penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan menurut Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Sekecamatan Tapa, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kusioner (angket) data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap kelima yaitu revisi produk. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas, guru belum menggunakan media dalam proses pembelajaran, sehingga siswa kurang memahami konsep pecahan sederhana dengan benar yang akhirnya akan berdampak pada pemahman konsep dan juga hasil belajar siswa, sehingga guru mengharapkan adanya media yang dapat dioperasikan oleh guru dan juga siswa itu sendiri agar siswa lebih mudah untuk memahami konsep pecahan sederhana. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dengan skor yang didapatkan 94,23%, ahli media mendapat skor 94,23%, dan praktisi pembelajaran/guru mendapat skor 90% serta angket kemenarikan siswa mendapat skor 93,52%. Hasil rekapitulasi validasi keseluruhan tersebut memperoleh rata-rata 92,82% dengan kriteria sangat layak dan angket kemenarikan siswa memperoleh rata-rata 93,52% dengan kriteria menarik sehingga dapat disimpulkan bahwa media puzzle pada pemahaman konsep pecahan sederhana di Kelas IV SD layak digunakan dan dilanjutkan ketahap selanjutnya.
Kata Kunci : Media Puzzle, Pemahaman Konsep, Pecahan Sederhana.
Download berkas