SKRIPSI

Penulis / NIM
MAGFIRAH MAKUTA / 151418065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK Magpirah Makuta. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Kemampuan Menghitung Keliling Dan Luas Segitiga Pada Siswa Kelas IV SDN 11 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Asni Ilham, M. Si. dan Pembimbing II Drs. Ismail Pioke, S.Pd,. M.Pd, Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) terhadap kemampuan menghitung keliling dan luas segitiga pada siswa kelas IV SDN 11 kota barat kota gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) terhadap kemampuan menghitung keliling dan luas segitiga pada siswa kelas IV SDN 11 kota barat kota gorontalo. Jenis penelitian ini deskripsi kuantitatif. Desain penelitian pre-experimental one group pretest-postest. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh, artinya semua anggota populasi dijadikan sampel. Sehingga sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 16 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) terhadap kemampuan menghitung keliling dan luas segitiga pada siswa kelas IV SDN 11 kota barat kota gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest 55,31 dan nilai rata-rata postest 78,12. Hal ini diperkuat dengan hasil pengujian hipotesis uji t test diperoleh t_hitung=13,372 dan t_tabel=2,131 t_hitung lebih besar dari t_tabel (13,372 > 2,131) untuk taraf signifikan 0,05%, dengan derajat kebebasan (db) = 15 (n - 1), maka hasilnya signifikan. Sehinggga H_0 ditolak dan H_a diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) terhadap kemampuan menghitung keliling dan luas segitiga pada siswa kelas IV SDN 11 Kota Barat Kota Gorontalo. Kata Kunci : Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE), Kemampuan, Keliling dan Luas Segitiga
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011