Penulis / NIM
WIWIK EKA PUTRI BILUDI / 151418069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Wiwik Eka Putri Biludi, 2022. Pengaruh Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN 67 Kota Timur. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asni Ilham, S.Pd, M.Si, dan Pembimbing II Dra. Salma Halidu, S.Pd. M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah "Adakah Pengaruh Fasilitas Belajar di sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN 67 Kota Timur?". Adapun tujuan penelitian ini, untuk mendeskripsikan Pengaruh Fasilitas Belajar di sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN 67 Kota Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan sampling jenuh, artinya semua anggota populasi dijadikan sampel. Sehingga sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi sebanyak 59 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu angket (kuesioner) dan dokumentasi. Hipotesis penelitian ini adalah "Ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar dikelas terhadap motivasi belajar siswa kelas tinggi di SDN 67 Kota Timur".
Hasil penelitian menunjukan perhitungan nilai r = 472. Sedangkan R square adalah 222. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara variabel fasilitas belajar (X) dengan motivasi belajar siswa (Y) sebesar 22,2%.
Kata kunci: Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar.
Download berkas