SKRIPSI

Penulis / NIM
MOHAMAT RIFALDI SAPII / 151418071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK Mohamat Rifaldi Sapi 2022. Implementasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Muatan Pelajaran Ipa Tema 1 Subtema 1 Di Kelas V SDN 3 Tilango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu ..."Apakah implementasi model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan memampuan berpikir kreatif siswa pada muatan pelajaran IPA tema 1 subtema 1 di kelas V SDN 3 Tilango?. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik pengumpulan data Observasi, Tes, dan Dokumentasi dengan subjek penelitian siswa di kelas V SDN 3 Tilango. Berdasarkan hasil observasi awal dari 15 orang siswa hanya 4 orang siswa atau 27% yang mampu berpikir lancar dan berpikir elaborasi, sedangkan 11 orang atau 73% belum mampu berpikir lancar dan berpikir elaborasi. Kemudian pada siklus I setelah dilakukan tindakan terjadi peningkatan dari 15 siswa ada 6 orang atau 40% yang mampu berpikir lancar dan berpikir elaborasi, sedangkan 9 orang atau 60% siswa belum mampu berpikir lancar dan berpikir elaborasi. Kemudian pada tindakan siklus II mengalami peningkatan dari 15 siswa, yang mampu berpikir lancar dan berpikir elaborasi mencapai 14 orang atau 93%. sedangkan siswa belum mampu berpikir berpikir lancar dan berpikir elaborasi hanya 1 orang atau 7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Muatan Pelajaran Ipa Tema 1 Subtema 1 Di Kelas V Sdn 3 Tilango. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kreatif, Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Muatan Pelajaran IPA.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011