Penulis / NIM
SRI ANDRIYANTI DEWI DANIAL / 151418073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
RIFDA MARDIAN ARIF, S.Pd, M.Pd / 1122018901
Abstrak
Sri Andriyanti Dewi Danial. 2022. Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada muatan Pelajaran IPA di Kelas V SDN 3 Tilango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Rifda Mardian Arif, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah penggunaan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran IPA di kelas V SDN 3 Tilango?. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik pengumpulan data Observasi, Tes, dan Dokumentasi dengan subjek penelitian siswa di kelas V SDN 3 Tilango.
Observasi awal dari 22 siswa hanya 7 atau 32% yang dapat mencapai KKM, sedangkan 15 atau 68% siswa belum mencapai KKM. Kemudian pada tindakan siklus I mengalami peningkatan dari 23 siswa dengan 14 siswa atau 61% yang dapat mencapai KKM sedangkan 9 atau 39% siswa belum mencapai KKM. Selanjutnya pada tindakan siklus II juga mengalami penigkatan dengan 20 siswa atau 87% dapat mencapai KKM, sedangkan 3 atau 13% siswa belum mencapai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran IPA di Kelas V SDN 3 Tilango.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Keterampilan berpikir kritis, Model Pembelajaran Inkuiri, Muatan Pelajaran IPA.
Download berkas