Penulis / NIM
FATMAWATI AFIFAH / 151418074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Fatmawati Afifah. 2022. Implementasi Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Tema 7 Subtema 3 Kelas IV SDN 66 Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd, dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah implementasi model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA tema 7 subtema 3 kelas IV SDN 66 Kota Timur Kota Gorontalo?"Ã�ÂÂ. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes evaluasi dan dokumentasi.
Data hasil evaluasi pada siklus I yaitu siswa yang tuntas berjumlah 6 siswa atau 60% dan yang belum tuntas berjumlah 4 siswa atau 40%. Pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 9 atau 90% dan yang belum tuntas berjumlah 1 siswa atau 10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA tema 7 subtema 3 di kelas IV SDN 66 Kota Timur Kota Gorontalo.
Kata kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar, IPA
Download berkas