Penulis / NIM
SRI DESIYANA NENTO / 151418076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
RIFDA MARDIAN ARIF, S.Pd, M.Pd / 1122018901
Abstrak
Nento, Sri Desiyana. 2022. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasi Belajar Siswa Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Muatan Pelajaran IPA di Kelas V SDN 66 Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Rifda Mardian Arif, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu "Apakah implementasi model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA kelas V di SDN 66 Kota Timur? dan Apakah dengan implementasi model Problem based learning dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada muatan pelajaran IPA kelas V di SDN 66 Kota Timur?. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan teknik pengumpulan data Observasi, Tes, dan Dokumentasi dengan subjek penelitian siswa kelas V di SDN 66 Kota Timur.
Hasil penelitian hasil belajar siklus I dari 18 siswa dengan 10 siswa atau 56% yang tuntas sedangkan 8 atau 44% siswa belum tuntas. Selanjutnya pada tindakan siklus II juga mengalami peningkatan dengan 16 siswa atau 89% yang tuntas, sedangkan 2 atau 11% siswa belum tuntas. Hasil kemampuan memecahkan masalah pada siklus I mencapai presentase rata-rata 55%. Sedangkan dalam pelaksanaan pembelajaran disiklus II mencapai presentase rata-rata 80%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran problem based learning meningkatkan hasil belajar siswa dan kemampuan memecahkan masalah pada muatan pelajaran IPA Tema di Kelas V SDN 66 Kota Timur meningkat.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Kemampuan Memecahkan Masalah, Pelajaran IPA
Download berkas