Penulis / NIM
YUNI PRATIWI GUBALI / 151418077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstrak
Gubali, Yuni Pratiwi. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Terhadap Hasil Belajar IPA Tema 8 di Kelas VI SDN 66 Kota Timur. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap hasil belajar IPA pada tema 8 di kelas VI SDN 66 Kota Timur?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one-grup pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 66 Kota Timur yang berjumlah 26 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan uji normalitas dan hasil dari uji tersebut data berdistribusi normal. kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil yang didapatkan dari uji hipotesis statistik menggunakan uji-t adalah thitung 7,959 lebih besar dari ttabel 1,688, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap hasil belajar IPA di Kelas VI SDN 66 Kota Timur.
Kata Kunci : SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual), Hasil Belajar, Pelajaran IPA
Download berkas