Penulis / NIM
SRI SULASTRI GANTU / 151418080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
RIFDA MARDIAN ARIF, S.Pd, M.Pd / 1122018901
Abstrak
Sri Sulastri Gantu. 2022. Meningkatkan hasil belajar siswa materi siklus air
melalui model Discovery Learning berbantuan media audio visual dikelas V SDN
4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar,
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Prof Abdul
Haris Panai, S.Pd, M.Pd , dan Pembimbing II Rifda Mardian Arif, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah model pembelajaran Discovery
Learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar dikelas
V SDN 4 Telaga?.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik pengumpulan data Observasi, Tes, dan
Dokumentasi dengan subjek penelitian siswa di kelas V SDN 4 Telaga. Dari hasil
tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus diperoleh hasil belajar yang
memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media
audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA
Tema 8 Subtema 1 di Kelas V SDN 4 Telaga.
Kata Kunci : Media audio visual, Model Pembelajaran Discovery Learning.
Download berkas