Penulis / NIM
AFRIANI NASARU / 151418081
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Nasaru, Afriani. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Pop Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Tema 8 Subtema 2 di Kelas V SDN 55 Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai,M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Gamar Abdullah S.Si., M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu "Apakah dengan menggunakan Model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Pop Up Book dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kela V SDN 55 Kota Timur?. Metode penelitian yang diguanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik pengumpulan data Observasi, Tes, dan Dokumentasi.
Observasi awal dari 25 siswa hanya 10 atau 40% yang dapat mencapai KKM, sedangkan 15 atau 60% siswa belum mencapai KKM. Kemudian pada tindakan siklus I mengalami peningkatan dari 19 siswa dengan 13 siswa atau 68% yang dapat mencapai KKM sedangkan 6 atau 32% siswa belum mencapai KKM. Selanjutnya pada tindakan siklus II juga mengalami penigkatan dari 12 siswa dengan 11 siswa atau 92% dapat mencapai KKM, sedangkan 1 atau 8% siswa belum mencapai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Pop Up Book dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 55 Kota Timur
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Pop Up Book
Download berkas