Penulis / NIM
ALIM YUNUS / 151418082
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
Yunus, Alim. 2022. Implementasi Model Pembelajaran Cerdas, Cermat, Cepat dan Tepat (C3T) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Tema 8 Materi Bumiku Kelas VI Di SDN 4 Telaga. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Gamar Abdullah, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah implementasi model Cerdas, Cermat, Cepat dan Tepat (C3T) dapat meningkatkan hasil belajar IPA tema 8 materi bumiku pada siswa kelas VI SDN 4 Telaga?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) mengunakan teknik pengumpulan data Observasi, Tes dan Dokumentasi dengan subjek penelitian siswa kelas VI di SDN 4 Telaga.
Data hasil penelitian hasil belajar pada siklus I dari 17 siswa, terdapat 10 siswa (59%) yang tuntas dan terdapat 7 siswa (41%) yang tidak tuntas. Selanjutnya pada siklus II terdapat 15 siswa (88%) yang tuntas dan 2 siswa (12%) yang tidak tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Cerdas, Cermat, Cepat dan Tepat (C3T) meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA tema 8 materi bumiku di kelas VI SDN 4 Telaga.
Kata kunci : Cerdas, Cermat, Cepat dan Tepat (C3T), Hasil Belajar, Pelajaran IPA
Download berkas