Penulis / NIM
FRANSISKA L. HASAN / 151418084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstrak
Fransiska L. Hasan. 2022. Pengembangan Multimedia Interaktif Model Instructional Games Materi Siklus Air Di Kelas V SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Isnanto, S.Pd., M.Ed
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan multimedia interaktif model instructional games materi siklus air di kelas V dan bagaimana kelayakan pengembangan multimedia interaktif model instructional games materi siklus air di kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif model instructional games materi siklus air kelas V dan mengetahui kelayakan multimedia interaktif model instructional games materi siklus air kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and development, dengan tahapan pengembangan 4D (Define, Design, Development and Disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Batudaa. Melalui proses penelitian berhasil dikembangkan multimedia interaktif model instructional games yang menarik tentang materi siklus air kelas V SDN 3 Batudaa. Multimedia interaktif yang dikembangkan memperoleh rata-rata nilai dari ahli desain media sebesar 91% dalam kriteria sangat layak, pada ahli materi memperoleh rata-rata sebesar 85% dalam kriteria sangat layak dan pada ahli praktisi memperoleh rata-rata sebesar 98% dalam kriteria sangat layak. Berdasarkan hal tersebut maka multimedia interaktif model instructional games layak digunakan pada materi siklus air kelas V SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Instructional Games, Siklus Air
Download berkas