Penulis / NIM
SELVIANA ADAM / 151418086
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstrak
Selviana Adam. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Pada Muatan Pelajaran IPA Materi Sumber Energi Dan Perubahannya di Kelas IV SDN 67 Kota Timur. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd dan Pembimbing 2 Dr. Isnanto S.Pd., M.Ed.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu "Apakah melalui model pembelajaran inquiry based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA materi sumber energi dan perubahannya di kelas IV SDN 67 Kota Timur?". Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN 67 Kota Timur.
Pada observasi awal, siswa yang dapat mencapai KKM hanya 6 siswa dengan presentase 30% sedangkan siswa yang belum mencapai KKM 14 siswa dengan prsentase 70% dari jumlah 20 siswa. Kemudian pada pelaksanaan tindakan siklus 1 mengalami peningkatan dengan 8 siswa atau 40% yang dapat mencapai KKM dari 20 siswa selanjutnya pada pelaksanaan tindakan siklus II juga mengalami peningkatan dengan 17 siswa atau 85% yang dapat mencapai KKM, sedangkan 3 siswa atau 20% yang belum mencapai KKM. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran inquiry based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA materi sumber energi dan perubahannya di Kelas IV SDN 67 Kota Timur.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Inquiry Based Learning, Hasil Belajar Siswa.
Download berkas