Penulis / NIM
HIDAYATI IBRAHIM / 151418088
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
Hidayati Ibrahim. 2022. Pengaruh Pemberian Penguatan Verbal Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Basri Amin, S.Sos., MA.,PhD (ABD) dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd.
Pemberian penguatan verbal berkaitan langsung dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN 2 Bulango Timur, Kabupaten Bone Bolango. Metode yang dipilih adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Bulango Timur, Kabupaten Bone Bolango yang berjumlah 14 siswa. Penelitian menjadikan sampel seluruh siswa kelas V SDN 2 Bulango Timur karena populasi yang kurang dari 100. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif.
Hasil penelitian membuktikan bahwa pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 2 Bulango Timur, Kabupaten Bone Bolango. Nilai koefisien r hitung untuk variabel Motivasi Belajar diperoleh sebesar 23,08 atau 23,08% sedangkan nilai r tabel pada tingkat signifikasi 5% dan derajat bebas n-2= 14-2= 12 sebesar 0.576. Jika kedua nilai r ini dibandingkan, maka nilai r hitung masih lebih besar dibandingkan dengan nilai r tabel (23,08 > 0,576). Pada pengujian keberartian koefisien, harga thitung lebih besar dari tdaftar atau harga thitung telah berada di luar penerimaan H0. Sehingga dapat terbukti hipotesis yang diajukan bahwa terdapat pengaruh dari penguatan verbal terhadap motivasi belajar.
Kata kunci: Penguatan Verbal, Motivasi Belajar
Download berkas