SKRIPSI

Penulis / NIM
NOVRIYANTI Y. GO`U / 151418097
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Pembimbing 2 / NIDN
RIFDA MARDIAN ARIF, S.Pd, M.Pd / 1122018901
Abstrak
ABSTRAK Novriyanti Y. Gou 2022. Kedisiplinan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 29 Kota Selatan Kota Gorontalo. Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed Pd selaku pembimbing I dan Rifda Mardian Arif, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing II. Rumusan Masalah dalam penelitian adalah sebagai berikut: Bagaimana Kedisiplinan belajar siswa kelas atas di SD Negeri 29 Kota Selatan Kota Gorontalo?. Tujuan dalam peneltian ini adalah untuk mengetahui kedisiplinan belajar Siswa kelas atas Di Lingkungan Sekolah Dasar Negeri 29 Kota Selatan. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk memberikan gambaran yang jelas tentang kedisiplinan belajar siswa kelas atas di SD Negeri 29 Kota Selatan Kota Gorontalo. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kedisiplinan belajar siswa kelas 4, 5 dan 6 di SD Negeri 29 kota selatan kota gorontalo perlu ditingkatkan. Hal ini terlihat dari pelanggaran yang terjadi, yaitu: (a) tidak memperhatikan pelajaran yang berlangsung, (b) bermain di dalam kelas pada saat jam pelajaran, (c) keluar masuk kelas tanpa ijin (d) mengganggu teman yang sedang belajar, (e) ribut di dalam kelas atau membuat suara gaduh, (f) tidak meggunakan seragam yang ditentukan, (g) menggunakan sepatu selain warna hitam, melepaskan sepatu didalam kels saat pelajaran sedang berlangsung, serta (h) menggunakan jilbab dengan warna yang berberbeda. Pelanggaran tersebut diduga terjadi karena beberapa faktor, antara lain: (a) metode yang digunakan guru tidak bervariasi, guru hanya menulis materi di papan dan meminta siswa mencatat kemudian menggunakan metode ceramah, (b) kurangnya ketegasan sanksi yang diberlakukan guru di dalam kelas, (c) tidak ada relasi antara guru dan siswa, (d) adanya pengaruh teman sebaya siswa. Guru melakukan beberapa upaya menanamkan kedisiplinan belajar siswa, antara lain: (a) membiasakan siswa mengerjakan tugas tepat waktu dengan memberikan dorongan, (b) memberikan hukuman atau sanksi kepada siswa yang melanggar peraturan, (c) memberikan teladan kepada siswa. Dalam menanamkan kedisiplinan belajar guru masih mengalami kendala antara lain: (a) kurangnya kesadaran siswa mengenai pentingnya kedisiplinan belajar sehingga presentse kehadiran siswa tidak stabil bahkan menurun, (b) tidak ada kemauan dari dalam diri siswa untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, (c) serta pengaruh teman sebaya siswa di kelas. Kata Kunci : Kedisiplinan Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011