SKRIPSI

Penulis / NIM
ABDUL AZIS ZAKARIA / 151418103
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
ABSTRAK Abdul Aziz Zakari. NIM 151418103. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS menggunakan Model Discovery Learning Pada Siswa di Kelas V SDN 67 Kota Timur Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hakop Walangadi, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Elmia Umar, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model Discovery Learning hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas V SDN 67 Kota Timur Kota Gorontalo dapat meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS menggunakan model Discovery Learning di kelas V SDN 67 Kota Timur Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 67 Kota Timur Kota Gorontalo yang berjumlah 19 siswa dengan 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya tes, lembar pengamatan, dan dokumentasi. Penelitian ini berlangsung dua siklus. Hasil Penelitian Tindakan kelas ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa melalui model Discovery Learning pada pelajaran IPS setiap siklus mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan melalui observasi awal dari 19 siswa, hanya 7 siswa (37%) yang mencapai nilai KKM dan 12 siswa (63%) yang belum mencapai nilai KKM. Kemudian pada siklus I yang mencapai nilai KKM ada 11 siswa (58%) dan 8 siswa (42%) belum mencapai nilai KKM, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 16 siswa (84%) yang mencapai nilai KKM dan sisanya 3 siswa (16%) yang belum mencapai nilai KKM. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pelajaran IPS menggunakan model Discovery Learning di kelas V SDN 67 Kota Timur Kota Gorontalo meningkat. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Dsicovery Learning ABSTRACT Abdul Aziz Zakaria. Student ID Number 151418103. Improving Students Learning outcomes of Social Sciences Subject using Discovery Learning Model to Students in Grade V of SDN 67 Kota Timur, Gorontalo City. Departement of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. The supervisors are Dra. Hakop Walangadi, S.Pd., M.Pd. and Dra. Elmia Umar, M.Pd. The problem statement of this study is whether the Discovery Learning model improves student learning outcomes in social science subject? This study aims to improve students learning outcome using Discovery Learning model for students in grade V of SDN 67 Kota Timur, Gorontalo City. This is a classroom action study with the subject consisting of 19 students (10 boys and 9 girls) in grade V of SDN 67 Kota Timur, Gorontalo city. The data are collected using test, observation sheet, and documentation in two cycles. The result of the study shows that there was an improvement in students learning outcome using Discovery Learning model in every cycle. The early observation reveals that there were only 7 (37%) out of 19 students who achieved the KKM (Minimum Completeness Criteria) Standard, while 12 (63%) students did not achieve the KKM. And then, in chycle I and I and II, there were consequently 11 students (58%) and 16 (84%) students who were able to achieve KKM standard, while there were 8 (42%) stundents and 3 (16%) student who were unable to achieve the KKM standard. Therefore, it can be concluded that students learning outcomes using Discovery Learning model are improved. Keywords: students; learing outcomes, Discovery Learing model
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011