Penulis / NIM
HARUN UNGGATI / 151418106
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
harun unggati. 2022 Interaksi Sosial Siswa Di Sekilah Dasar (Studi Kasus SD Laboratorium UNG) Skripsi. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembibing I Dra Hakop Walangadi, M. Si dan Pembibing II Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk-bentuk interaksi sosial siswa di kelas tinggi SD Laboratorium UNG? Penelitian ini untuk mendeskripsikan interaksi sosial siswa di kelas tinggi SD Laboratorium UNG. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus yang dilakukan pada kelas tinggi. Berdasarkan hasi penelitian diperoleh bahwa bentuk interaksi sosial siswa di kelas tinggi SD Laboratorium UNG terjadi didalam kelas dan diluar kelas, baik secara spontan maupun terencana. Bentuk interaksi sosial siswa beragam yang terdiri dari kerja sama, persaingan, konflik, dan akomodasi. Interaksi sosial siswa terbentuk karena adanya proses imitasi, identifikasi, sugesti, dan simpati serta proses komunikasi. Kurangnya interaksi sosial siswa dalam pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar dan tumbuh kembang masa depannya.
Kata kunci: Siswa, Interaksi sosial, Hasil belajar.
Abstract
The formulation of the problem in this research was how are the forms of social interaction among students in high grade at SD Laboratorium UNG? This research aimed to describe student social interactions at the high grade of SD Laboratorium UNG. The type of research used was a case study qualitative research conducted in the high grade. The results found that the form of social interaction of students in the high grade of SD Laboratorium UNG occurred inside and outside the classroom, both spontaneously and planned. There are various forms of student social interaction consisting of cooperation, competition, conflict, and accommodation. Students' social interactions are formed due to the process of imitation, identification, suggestion, and sympathy, as well as the communication process. Lack of student social interaction in learning can affect learning outcomes, future growth, and development.
Keywords: Students, Social Interaction, Learning Outcomes.
Download berkas