Penulis / NIM
NURMIATI SALEH / 151418107
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
Nurmiati Saleh,2022, Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Media Audio Visual Pada Muatan Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN 13 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmiah Umar, M.Pd, dan pembimbing II Dra. Hakop Walangadi, M.Si.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan media audio visual di kelas IV pada muatan pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Suyadi yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data diantaranya observasi, tes, quesioner dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan yang telah dilakukan tingkat ketuntasan hasil belajar Siklus I ke siklus II pertemuan akhir yaitu 51,72% menjadi 82,75%. Sehingga pada siklus II mengalami peningkatan 10,34%. Dan rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II pada pembelajaran ke 2 yaitu 66,51% menjadi 80,65% hal ini mengalami peningkatan sebanyak 6,14%. Penggunaan media gambar dapat meningkatkan kegiatan guru dan siswa pada proses pembelajaran berlangsung. Hal ini dapat dilihat pada presentase pada lembar observasi siswa Siklus I di peroleh presentase 66,71% dan pada siklus II di peroleh 80,35%. Untuk guru sendiri pada siklus I presetasenya yaitu 65% dan pada siklus II menjadi 87,90%.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas pada muatan pelajaran IPS kelas IV di SDN 13 Telaga Biru.
Kata Kunci: Media Audio Visual, Kemampuan Berpikir Kritis
Download berkas