Penulis / NIM
FEBY ANNISA AHMAD / 151418108
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
Abstrak
Feby Annisa Ahmad 2022. Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas IV SDN 9 Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs.Haris Mahmud, S.Pd., M.Si dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN 9 Kabila, Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi melalui media gambar seri pada siswa kelas IV SDN 9 Kabila, Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Pada observasi awal menunjukkan dari 12 siswa yang mampu menulis karangan deskripsi hanya 3 siswa atau 25% dan tidak mampu 9 siswa atau 75%. Pada siklus I meningkat 9 siswa atau 75% yang mampu, dan tidak mampu 3 siswa atau 25%. Pada siklus II meningkat 11 siswa atau 92% yang mampu, dan yang tidak mampu 1 siswa atau 8%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, disimpulkan bahwa dengan melalui media gambar seri kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN 9 Kabila, Kabupaten Bone Bolango meningkat.
Kata kunci : Karangan Deskripsi, Gambar Seri.
Download berkas