Penulis / NIM
RAMA YUDHA DUMBELA / 151418112
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK
Rama Yudha, Dumbela. 2022. Desain Modul Sejarah Artefak Islam Gorontalo Berbasis Android Sebagai Penunjang Pembelajaran Kontekstual Pada Kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Samsi Pomalingo, S,Ag., M.A, dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd.
Pembelajaran IPS di SDN 4 Batudaa, Kabupaten Gorontalo kelas IV bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran tema 5 (Pahlawanku) berupa buku teks yang disediakan dari sekolah namun belum adanya bahan ajar berbasis sejarah artefak islam gorontalo. Pentingnya kesadaran akan sejarah harus ditanamkan dan tentunya melalui jalur pendidikan. pendidikan berbasis sejarah islam adalah alat paling ampuh dalam rangka menanamkan kesadaran berbudaya dengan karakter jati diri sesungguhnya dan melestarikan nilai-nilai kearifan lokal. Pengembangan mencakup tiga hal pokok, yaitu media, materi dan bahasa. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul sejarah artefak islam gorontalo berbasis android sebagai penunjang pembelajaran kontekstual pada kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan prosedur Thiagarajan. Dalam penelitian ini terdapat penilaian ahli media, ahli bahasa, ahli materi, peserta didik dan guru kelas. Penelitian ini dilakukan di SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, studi dokumen dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini diperoleh produk dengan penilaian ahli media sebesar 85,5%; ahli materi sebesar 98,6%; ahli bahasa sebesar 96,8% dengan kriteria kelayakan "Sangat Layak. Kemudian produk di uji coba. Uji coba produk oleh peserta didik mendapatkan hasil 76,9% dan hasil tanggapan guru sebesar 96,5%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul sejarah artefak islam gorontalo berbasis android sangat layak untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran di SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Modul, Artefak Islam, Pembelajaran IPS.
Download berkas