Penulis / NIM
INTAN UMAR / 151418113
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
Intan umar 2022. Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui model pembelajaran make a match di kelas V SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo, Skripsi. Jurusan pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Drs. Haris Mahmud, S.Pd.,M.Si dan pembimbing 2 Dra. Salma Halidu, S.Pd.,M.Pd
Masalah dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas V SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas V SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Pada observasi awal siswa yang mampu membaca pemahaman berjumlah 9 siswa atau 45%, setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 menjadi 13 siswa atau 65% yang mampu membaca pemahaman kemdian dilanjutkan pada siklus 2 siswa yang mampu membaca pemahaman meningkat hingga 18 siswa atau 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran make a match dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas V SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo.
Kata kunci : membaca pemahaman, make a match
Download berkas