Penulis / NIM
SITI KHOIRUN NISA BIMBING / 151418114
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Siti Khoirun Nisa Bimbing. 2022. Meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui Metode Drill pada Siswa kelas II SDN 14 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah melalui metode Drill kemampuan membaca siswa kelas II SDN 14 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara akan meningkat?.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui metode Drill pada siswa kelas II SDN 14 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan observasi awal yang berjumlah 11 orang, siswa yang dapat membaca dengan baik hanya 37% atau 4 orang siswa, 7 siswa atau 63% siswa yang lambat membaca. siklus I pertemuan pertama siswa yang sudah mampu berjumlah 4 orang atau 36%, 7 orang siswa atau 64% yang memiliki nilai kurang atau belum mampu. Pada siklus I pertemuan kedua siswa yang sudah mampu berjumlah 6 orang atau 55%, 5 orang siswa atau 45% yang memiliki nilai kurang atau belum mampu membaca. Pada siklus II pertemuan pertama siswa yang sudah mampu berjumlah 10 orang atau 90%, 1 orang siswa atau 10% yang memiliki nilai kurang atau belum mampu membaca.
Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode drill sangat tepat digunakandalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas II SDN 14 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara.
Kata kunci : Metode Drill, Kemampuan Membaca
Download berkas