Penulis / NIM
PUTRI REGINA MANGASE / 151418115
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Abstrak
Putri Regina Mangase 2022. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas V SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, S.Pd., M.Si Dan Pembimbing II Dr. Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd., M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode bermain peran kemampuan berbicara siswa di kelas V SDN 2 Telaga, Kabupaten Gorontalo meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui metode bermain peran pada siswa kelas V SDN 2 Telaga, Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi.
Pada observasi awal yang mampu berbicara berjumlah 4 siswa atau 31% dari 13 siswa. Setelah dilakukan tindakan siklus I dari 13 siswa meningkat menjadi 7 siswa atau 54% yang belum mampu ada 6 siswa atau 46%. Pada pelaksanaan siklus II terdapat 11 orang atau 85% sedangkan yang belum mampu 2 siswa atau 15%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN 2 Telaga, Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Berbicara, Bermain Peran
Download berkas