Penulis / NIM
FITRIYANTI BAKARANGO / 151418116
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
ABSTRAK
Fitriyanti Bakarango 2022. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Pendekatan Komunikatif Di Kelas IV SDN 2 Telaga, Kabupaten Gorontalo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dajani Suleman, M.Hum., dan pembimbing II Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa di kelas V SDN 2 Telaga, Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui pendekatan komunikatif pada siswa kelas IV SDN 2 Telaga, Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan komunikatif. Pada observasi awal yang mampu berbicara berjumlah 5 siswa 36%. Setelah dilakukan tindakan siklus I dari 14 siswa sudah mampu 6 siswa atau 42%. Pada pelaksanaan siklus II terdapat 13 orang atau 93% sedangkan yang tidak mampu 1 siswa atau 7%.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN 2 Telaga, Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Berbicara, Pendekatan Komunikatif
Download berkas