SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI ARISTANTIAWATI DJAINI / 151418117
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
Sri Aristantiawati Djaini. 2022. Pengembangan Lembar kerja Peserta Didik (LKPD) Bahasa Indonesia Berbasis Problem Based Learning di Kelas IV SDN 2 Botupingge Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Drs. Haris Mahmud, S.Pd., M.Si. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kelayakan dan respon peserta didik terhadap LKPD berbasis problem based learning di kelas IV SDN 2 Botupingge Kabupaten Bone Bolango? Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) Bahasa Indonesia berbasis problem based learning. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan dengan model 4-D yang terdiri dari Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Desseminate (Penyebarluasan). Tetapi untuk penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop (Pengembangan), karena waktu yang dibutuhkan dalam tahap penyebarluasan sangat panjang. Instrumen dalam penelitian ini berupa: wawancara dengan guru kelas, instrumen validasi oleh validator media, instrumen penilaian LKPD oleh guru kelas, dan instrumen respon peserta didik terhadap LKPD. Kualitas LKPD dinilai oleh ahli media, guru kelas, dan respon peserta didik terhadap LKPD. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitafif dan analisis kualitatif berdasarkan kategori penilaian ideal. Hasil penelitian pada tahap Define menunjukkan kurikulum yang digunakan di SDN 2 Botupingge adalah kurikulum 2013, kemampuan belajar yang dimiliki oleh peserta didik berbeda-beda dan belum ada LKPD yang menarik. Pada tahap Design terdapat perbedaan sistematika dan komponen LKPD yang digunakan disekolah dan LKPD yang dikembangkan oleh peneliti. Pada tahap Develop menguji hasil valdasi masing-masing memperoleh persentase nilai antara lain: ahli media yaitu 91,11%, guru kelas yaitu 93,8% dan respon peserta didik yaitu 93,3%. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Four D, Problem Based Learning
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011