Penulis / NIM
MAIMUN SAFITRI THALIB / 151418118
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. CANDRA C, S.Pd., M.Pd / 0902108601
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK
Maimun Safitri Thalib. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Ragam Nusantara (Kartaga) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 2 Botupingge. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Candra Cuga S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, rumusan masalahnya yakni Apakah dengan menggunakan model make a match berbantuan Media Kartu Ragam Nusantara dapat meningkatkan hasil belajar siswa? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model make a match berbantuan media kartu ragam nusantara (kartaga) pada mata pelajaran IPS Kelas IV SDN 2 Botupingge dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 2 Botupingge yang berjumlah 10 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi serta analisis. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang tuntas berjumlah 6 siswa (60%) hal tersebut belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan sehingga tindakan selanjutnya ke siklus II. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, siswa yang meningkat hasil belajarnya berjumlah 8 siswa (80%). Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran make a match berbantuan media kartu ragam nusantara (kartaga) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 2 Botupingge.
Kata Kunci : Make A Match, Kartu Ragam Nusantara
Download berkas