Penulis / NIM
AYU DELVIA PANEO / 151418119
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK
Ayu Delvia Paneo. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Hakop Walangadi M.Si, dan Pembimbing II Muhammad Sarlin S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran inkuiri keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV di SDN 5 Telaga dapat meningkat? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 30 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah" Jika digunakan model pembelajaran inkuiri, maka keterampilan berpikir kritis siswa pada pelajaran IPS kelas IV SDN 5 Telaga akan meningkat.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada Siklus I tahap I sebanyak 17 siswa dengan presentase 57% tuntas dalam mengisi indikator berpikir kritis, kemudian pada Siklus I tahap II mengalami peningkatan menjadi 21 siswa dengan presentase 70% dan terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu sebanyak 25 siswa dengan presentase 83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dikelas IV SDN 5 Telaga.
Kata kunci: Hasil Belajar, Inkuiri, Berpikir Kritis.
Download berkas